KHS. Abdullah Schal; Sang Samudra Ilmu Menuntun Umat Menuju Surga

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Salah satu amalan yang sangat KHS. Abdullah Schal senangi adalah suka memberi pada anak-anak kecil agar mereka senang. Hal ini turut diungkapkan oleh salah satu Cucu beliau yaitu Mas Muhammad Ismail Al-Ascholy.

“Beliau memang suka menyenangkan anak kecil, beliau memberi saya sesuatu juga bukan karena cucu, toh banyak juga kawan SD dulu yang ‘nyabis’ ke beliau dan beliau pun tetap saja memberi untuk menyenangkan mereka. Beliau memang sangat gampangan untuk memberi, mungkin yang pernah bertemu beliau mestinya sudah tau kedermawanan beliau kepada siapapun.

Itu karena beliau memang dermawan sejak berada dalam kondisi hidup yang tidak berkecupan di masa dahulu, sehingga jiwa beliau benar-benar menyatu dengan isyarat ayat: قل لو انتم تملكون خزائن رحمة ربي اذا لأمسكتم خشية الإنفاق.
Bahwa jika seseorang punya jiwa yang merasa memiliki harta benda, sekaya apapun dia tetap saja akan bakhil, karena memang pada dasarnya ia bakhil, ia merasa harta itu adalah hasilnya, bukan pemberian Allah. Oleh sebab itulah Kiai Abdullah Schal mempunyai pribadi yang dermawan, karena beliau tidak merasa memiliki harta yang ditangannya”.

KHS. Abdullah Schal adalah seorang Ulama’ Pendakwah yang sangat luar biasa. Dengan ketabahan, kesabaran, kealiman, dan pendekatan-pendekatan persuasifnya mampu menarik simpati seluruh lapisan masyarakat. Beliau tidak pernah membeda-bedakan status sosial masyarakat, orang kaya, orang miskin, pejabat, orang biasa, semuanya dilayani dengan baik tanpa perbedaan. Dengan perlakuan seperti itu, mereka merasa puas dan semakin menaruh simpati kepada beliau.

Beliau dikenal sebagai seorang kiai yang santun, ramah, tawadhu’, dan selalu mendahulukan kepentingan orang lain. Sikapnya yang sederhana namun bersahaja, tutur katanya yang lemah lembut, sangat menonjol dalam kesehariannya. Sifat-sifat mulia ini laksana magnet yang sangat kuat menarik simpati berbagai macam kalangan.

Ungkapkan di atas hanyalah sekelumit cuplikan dari kisah-kisah KHS. Abdullah Schal yang ditulis langsung sang Cucu yaitu Mas Muhammad Ismail Al-Ascholy, dan orang terdekatnya. Sedangkan kisah selengkapnya dan kisah nyentrik lainnya akan dipublikasikan pada acara Haul Akbar KHS. Abdullah Schal di bulan Ramadhan, yang disajikan dalam bentuk Tabloid Asschol Media.

Tidak hanya itu, Tabloid Asschol Media edisi spesial kali ini juga menyajikan beberapa kisah tentang Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang jarang sekali orang mengetahuinya. Artikel tersebut ditulis langsung oleh Lora Muhammad Ismail Amin Al-Kholily Kepang (Alumni Darul Musthofa Hadramaut Tarim Yaman), Gus Ahmad Kholili Kholil cucu KH. Kholil AG, dan Ust. Abdul Munim Cholil, Lc., M.Ag (Penulis buku “Tasawuf Syaikhana Khalil; Menyulam Ide, Meniti Suluk dan Ngalap Berkah Maha Guru Nusantara”)

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas