Perjuangan Nabi Muhammad Saat Isra’ Mi’raj; Dahsyatnya Manfaat Shalat

banner 160x600
banner 468x60

Ra Ghofir Saat Menyampaikan Ceramah

Asscholmedia.net – Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab yang diikuti oleh Santri Putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil kali ini bertepatan dengan 02 April 2019.

“Tujuan diadakannya acara ini diharapkan bisa memberikan pencerahan dan refleksi diri bagi santri-santri, khususnya santri putri sehingga mereka bisa lebih giat lagi menjalankan ibadah Sholat, mulai dari sholat fardlu hingga sholat sunnah”, ungkap salah satu panitia acara tersebut.

Pada kesempatan kali ini dihadiri oleh KH. Ali Ghafir, M.Pd.I yang sekaligus sebagai muballigh. Beliau menceritakan seluk beluk perjuangan Rosulullah dalam memperjuangkan sholat ketika melakukan Isro’ dan Mi’roj.

Dalam ceramahnya, beliau menegaskan bahwa Nabi Muhammad setelah melakukan Isro’ dan Mi’roj termenung sendiri karena khawatir umatnya tidak percaya dengan adanya kejadian yang sangat jauh dari nalar manusia.

Di tengah-tengah ketermenungannya, tiba-tiba datanglah Abu Jahal untuk mengejek beliau seraya berkata “Muhammad apakah ada kabar baru yang datang dari kamu”. Dengan polosnya Nabi menjawab “Iya, aku baru saja melakukan perjalanan yang sangat menakjubkan”. seraya menceritakan kejadian Isro’ dan Mi’roj yang baru di alaminya. Mendengar penjelasan nabi tersebut Abu jahal tertawa dan memanggil seluruh lapisan masyarakat dengan menjelaskan penjelasan rosulullah. Semenjak kejadian itu mayoritas masyarakat tidak percaya karena sangking mustahilnya kejadian itu.

“Tidak ada kata mustahil bagi orang yang punya karomah, karena manusia biasa kadang-kadang melakukan kejadian aneh seperti halnya Syaichona Moh. Cholil bisa melakukan perjalanan singkat yang menakjubkan, apa lagi Rosulullah yang merupakan manusia pilihan dengan berbagai kesempurnaan.” Tegasnya.

Hal itu juga dibuktikan dengan beberapa kejadian yang di alami oleh Sayyidina Uqail ketika melakukan perjalanan bersama Rosulullah. Dalam pejalanannya Nabi meminta tolong kepada Sayyidina Uqil untuk memanggil pepohonan supaya menjadi kamar mandi beliau, dan permintaan itu dengan senang hati diterima oleh pohon-pohon tersebut.

Kemudian mereka melanjutkan perjalanannya, di tengah perjalanan Sayyidina Uqail sangat kehausan, lalu dia memberi tahu Rosulullah, lalu beliau menyuruh Sayyidina Uqail untuk meminta air kepada batu atas dasar perintah Rosulullah, namun permintaannya di tolak oleh batu karena semenjak turun ayat yang menjelaskan bahwasanya bahan api neraka itu terdiri dari batu manusia dan batu, batu air yang ada di dalam batu habis karena mereka yang menangis secara terus menerus.

Kejadian terakhir yang mereka alami yaitu ketika nabi dan Sayyidina Uqail melanjutkan perjalanannya tiba-tiba mereka mendapatkan unta yang berhenti mendadak di depan beliau, unta tersebut lari dari majikannya karena ingin di sembelih. kemudian nabi menghakimi mereka, ternyata alasan yang melatar belakangi unta tersebut tidak mau di suruh-suruh atau diperbudak oleh majikannya tersebut karena majikannya itu tidak sholat isya’ bahkan masyarakat disekitar kampung itu tidak sholat isya’. seandainya orang tersebut sholat dan mau untuk mengajak orang sekitarya supaya rajin melakukan sholat maka unta tersebut siap dhohir batin untuk menjadi budaknya.

Dari kejadian di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa begitu dahsyatnya manfaat sholat, bahkan akibatnya jika shalat ditinggalkan maka berakibat pada diri sendiri dan lingkungan. Karena orang yang taqwa kepada Allah SWT, maka dia akan selamat dunia akhirat dan bisa menjadi penolong di dalam kubur ketika bertemu dengan Malaikat Munkar dan Nakir yang sangat menyeramkan bahkan Sayyidina Umar orang yang sangat pemberani juga sempat takut kepada mereka. Ketika kita rajin melakukan ibadah sholat maka Allah SWT akan menyelamatkan kita, perintah sholat ini sangat di perjuangkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isro’dan Mi’rojnya, mulai dari jumlah 50 hingga menjadi 5 waktu, maka dari itu manusia harus menjalankan sholat dengan taat kepada Allah SWT. Begitulah penjelasan dari Ra Ghafir saat acara.

Dok. Foto Syaichona.net. Khidmat: Santri Putri PP Syaichona Moh. Cholil Saat Mengikuti Acara Isra’ Mi’raj di Halaman PP. Syaichona Moh. Cholil

Acara Isro’ Mi’roj ini juga di meriahkan oleh Jamiyah Shollu Community (SC) dengan pembacaan sholawat bersama yang dipimpin oleh Ra Karror Abdullah Schal, dalam rangka menyanjung Rosulullah sebagai pelopor agama Islam dan pejuang yang tanpa letih dalam memperjuangkan ajaran islam seperti sholat 5 waktu dalam perjalanan isro’ mi’rojnya.

Reporter: Nurul Komariyah

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas