Isyarah Terakhir KHS. Abdullah Schal; PP. Syaichona Moh. Cholil Cabang Kalimantan Barat

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Sekitar 20 tahun silam, sejarah tempat yang akan dibangun Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Cabang Kalimantan Barat telah menjadi isyarah. Tanah tersebut pada mulanya milik sesepuh masyarakat Parit Maksum yang lumayan luas kemudian oleh warga sekitar digarap dan dibagikan kepada masyarakat yang memerlukan.

Setelah penggarapan tanah hampir selesai dan sekaligus pembuatan batas (berbentuk persegi empat), ternyata tanah tersebut lebih 4 kotak (bagian). Akhirya salah satu dari sesepuh yang ikut mengelola tanah memberikan usulan yang 1 kotak dijadikan sebagai waqaf untuk pemakaman karena melihat di Parit Maksum belum ada tempat pemakaman secara khusus. Disepakatilah usulan itu hingga tersisa 3 kotak.

Penggarapan tanah terus berlanjut, tersisalah 3 kotak dari pembagian tanah tersebut. Ntah mengapa dalam benak mereka tiba-tiba muncul sebuah harapan agar sisa tanah tersebut bisa ditempati lembaga pendidikan dari keturunan Mbah Cholil Bangkalan. Selang beberapa waktu dari obrolan itu, berkunjunglah KHS. Abdullah Schal ke Pontianak Kalimantan Barat, termasuk ke Desa Parit Maksum. Disitulah sesepuh masyarakat Parit Maksum menyerahkan sisa tanah kepada KHS. Abdullah Schal. Kunjungan ini pun merupakan kunjungan terakhir beliau ke Pontianak hingga beliau wafat.

Amanah mulia ini  diteruskan oleh RKH. Fakhrillah Aschal selaku putranya. Kemudian diakhir tahun 2017 direncanakanlah pembangunan lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Cabang Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Hajat ini pun akhirnya bisa terlaksana sekitar bulan Maret 2018 yang dimulai dengan peletakkan batu pertama oleh Syekh Amin bin Syekh Sa’duddin Al-Murad As-Suri Al-Makki dan RKH. Fakhrillah Aschal.

Baca juga:

Adapun luas tanah yang dijadikan pembangunan pendidikan ini sekitar 3 hektar dan sudah bersertifikat atas nama RKH. Fakhrillah Aschal. Terdapat 4 lokal dan 2 jeding yang sudah dibangun dan sudah diresmikan oleh RKH. Fakhrillah Aschal pada 13 Februari 2019 lalu, dengan acara Haul Akbar Syaichona Moh. Cholil, Masyaikh, dan Habaib Se-kalimantan Barat yang bertempat di halaman Madrasah Diniyah Cabang Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, Parit H. Maksum Desa Punggor Kecil, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Terkait dengan struktur kepengusrusan lembaga tersebut masih menunggu instruksi dari RKH. Fakhrillah Aschal selaku pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil. Sementara ini, masih diamanatkan kepada Alumni, Simpatisan dan masyarakat setempat. Begitu juga tahap selanjutnya akan dibangun Mushalla. Sedangkan proses pembelajaran direncanakan akan dimulai pada bulan Syawal mendatang dengan cara dibuka pendaftaran bagi santri-santri baru.

Narasumber: Ust. Sayeri, M.Pd.I (Ketua Asschol Kalbar)
Reporter: Rofi
Redaktur: Ahmad Hafsin

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas