Syair Al-Badi’ Karya Mas Muhammad Ismail Al-Ascholy

2 comments 902 views
banner 160x600
banner 468x60

Mas Muhmmad Ismail Al-Ascholy (Putra dari Nyai Hj, Muthmainnah Aschal) – Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Asscholmedia.net – Istilah syair berasal dari bahasa Arab yakni Syi’ir atau Syu’ur yang berarti perasaan menyadari. Kemudian kata Syu’ur berkembang menjadi Syi’ru yang berarti puisi dalam pengetahuan umum. Menurut Hooykaas, syair merupakan jenis puisi lama yang berkembang di Indonesia hanya saja namanya merupakan serapan dari bahasa Arab.

Pengaruh puisi Arab dan Persi memainkan peranan yang penting dalam lahirnya syair Melayu Nusantara. Walaupun berasal dari bahasa Arab namun syair berkembang di Indonesia, berbaur dengan kebudayaan Indonesia sehingga menemukan bentuk dan ciri-ciri tersendiri yang berbeda dengan syair Arab.

Mas Muhammad Ismail Al-Ascholy adalah salah satu pemuda asal Demangan Barat Bangkalan, beliau seorang pencinta dan pengarang Syair yang tidak hanya berupa karangan Indonesia melainkan lebih banyak tertuang menggunakan Bahasa Arab. Diantara karangannya adalah; Kharaidul Faraid, Al-Nigham Li Dzawil Gham, Rowaihur Roihan, Izharun Na’im, dan Badrul Fadlil Mutalali.

Dibawah ini terdapat dua bentuk karya beliau berbahasa Indonesia yang dengan keindahannya bisa memukau pembaca.

Al-Badi’ – 1

Keindahan kata-kata ini bukan dilihat dari segi sastranya saja melainkan kata-kata ini menjadi indah karena sama bisa dibaca dari sisi vertikal (baca ke samping kanan) dan horizontal (baca ke bawah) dan menurut saya, hal ini belum pernah didahului oleh penyair manapun di Indonesia.

 

Al-Badi’ – 2

ABDULLAH, manusia gagah yang pernah ada

PUTRA mahkota, pembimbing terbaik tak terdua

DARI arah mana saja ku lihat wibawa yang kudapat

SEORANG panutan bagaikan bintang atau mentari

YANG tak satupun mampu menandingi dia. Dia

HEBAT, setiap malam-malamnya dia diterangi cahaya

ASAL tak letih, pada Tuhan diapun terus merintih

MADURA…!! Alangkah beruntung kau dihuni dia.

 

Sumber: Majalah Aschal, Edisi 15.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas