Inilah Amaliah Khusus Santri Putri PP. Syaichona Moh. Cholil

banner 160x600
banner 468x60

Berjamaah: Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani di PP. Syaichona Moh. Cholil Putri

asscholmedia.net – Salah satu rangkaian kegiatan rutin yang diamalkan oleh santri putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil adalah pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Jailani. Pada kesempatan ini kegiatan dipimpin oleh Ustadzah Arofah Adnan. Jumat, (15/02) malam.

Kegiatan di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Putri tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 setiap bulannya (mengikuti kalender Hijriah), sebagaimana yang telah dilakukan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya dan sebagai peringatan haul Syekh Abdul Qodir Al-Jailani yang wafat pada tanggal 11 Rabiul Awal, tahun 561 H.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk sebuah penghormatan kepada beliau selaku orang baik dan seorang wali. Berharap semoga mendapat barokah dari beliau dengan membaca sejarahnya karena isi dari manaqib itu sendiri ialah sejarah hidup para wali yang telah dibukukan. Salah satu hal yang bisa menambah rasa kecintaan kita kepada para wali adalah dengan membaca manaqibnya. Dengan membaca manaqibnya kita bisa mengetahui kesalehan dan kebaikannya, dan hal ini tentunya akan menambah kecintaan kita kepadanya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Alawi al-Haddad, Mishbah al-Anam wa Jala` azh-Zhulam, Istanbul-Maktabah al-Haqiqah, 1992 M, h. 90.

“Ketahuilah! Seyogyanya bagi setiap muslim yang mencari keutamaan dan kebaikan, agar ia mencari berkah dan anugrah, terkabulnya doa dan turunnya rahmat di depan para wali, di majelis-majelis dan kumpulan mereka, baik yang masih hidup ataupun sudah mati, di kuburan mereka, ketika mengingat mereka, dan ketika banyak orang berkumpul dalam berziarah kepada mereka, serta ketika mengingat keutamaan mereka, dan pembacaan riwayat hidup mereka”.

Maka dari itu, santri putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil diajari untuk mengenang dan mengmbil pelajaran dari para wali khususnya Syekh Abdul Qodir Al-Jailani yang termasuk wali yang sangat berpengaruh dalam menyebarkan Islam agar dijadikan sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Reporter: Nurul Qomariyah
Redaktur: Ach. Hafsin

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas