Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Putri Gelar Diklat Darah Wanita

banner 160x600
banner 468x60

asscholmedia.net – Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil putri gelar pelatihan mengenai darah kewanitaan. Kegiatan ini dipandu langsung oleh Ust. Nur Hasyim selaku ketua Diklat IASS dan dimoderatori oleh Ust. Ali Ghofir, M. Pd.I. Jum’at (21/12/18)

Kegiatan ini sebenarnya merupakan salah satu perogram IASS bersma Laz Sidogiri, namun pengasuh, Nyai Hj. Muthmainnah Aschal berharap agar kegiatan tersebut juga diadakan di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Putri.

β€œKegiatan ini diadakan atas himbauan pengasuh pada semua santri putri agar mengikuti diklat tersebut, dengan harapan santri putri bisa lebih paham tentang masalah kewanitaan”, Tutur Ustdzah. Fatimatus Zahro

Diklat ini diikuti kurang lebih 287 Santri putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil. Karena tempat yang kurang memadai dan demi maksimalnya acara maka acara tersebut dibagi menjadi 3 gelombang. Untuk gelombang 1 dilakasanakan pada malam Jum’at, untuk gelombang 2 dilaksanakan pada Jum’at pagi dan untuk gelombang 3 pada malam sabtu. Masing-masing dari 3 gelombang tersbut berlangsung sekitar 2 jam setengah, khusus gelombang 3 karena terakhir pemateri mengulas keterangan lebih detail dari pada gelombang sebelumnya sehingga diklat memakan waktu sekitar 4 jam.

Acara ini bertempat di gedung Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil putri di lantai 2 karena menurut penuturan Ustdzah. Fatimatus Zahro, S. Pd yang sekaligus ketua panitia pelaksana Diklat agar lebih maksimal

“Acara ditempatkan di lantai dua agar peserta bisa memaksimalkan waktu dan lebih mudah dijangkau oleh pengurus sehingga peserta bisa langsung standby ditempat dengan durasi waktu yang telah ditentukan”.

Pada kesempatan ini, Ust. Nur Hasyim menyampaikan bahwa setiap wanita hukumnya fardlu ain untuk mempelajari ilmu haid dan hal-hal yang berhubungan dengan darah wanita, bahkan suami tidak boleh melarang istrinya keluar rumah untuk belajar tentang hukum-hukum haid kecuali si suami sanggup untuk mengajari istrinya sendiri. Tegasnya.

Selain itu, santri putri juga dibimbing tentang tutorial bagaimana cara cepat dan mudah menghitung haid, dan aplikasinya bisa download di play store dengan nama “Kalkulator Istihadlah” imbuh alumni PP. Sidogiri tersebut.

Reporter: Shofil Hikmah

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas