Ribuan Santri Bangkalan Ramaikan Apel Akbar HSN

banner 160x600
banner 468x60

asscholmedia.net – Bangkalan. Senin pagi, 22 Oktober 2018 Pemerintah kabupaten Bangkalan menyelenggarakan apel akbar Hari Santri Nasional 2018 yang bertempat di Tribun Alun-alun Selatan Kota Bangkalan, yang mana dalam acara ini dihadiri oleh Bupati Bangkalan RKH. Abdul Lathif Amin Imron, Wakil Bupati Bangkalan, Kapolres Bangkalan, Dandim Bangkalan beserta jajarannya, Pengurus PC NU Bangkalan, Ketua RMI NU Bangkalan dan santri dari berbagai Pondok Pesantren se-Kabupaten Bangkalan.


Dalam sambutannya, Bupati Bangkalan menyampaikan bahwa pelaksaan apel akbar dalam rangka hari santri nasional hari ini merupakan suatu refleksi sejarah kehidupan bangsa bahwa 73 tahun yang lalu di saat republik dalam suasana genting dan kemerdekaan harus dipertahankan dimana kepastian kemerdekaan itu belum tentu, maka disaat itulah kaum santri turun tangan bergerak, dan berhasil mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia. Ini membuktikan, bahwa di saat yang lain belum tentu mau terlibat, di saat kolonialisme hadir, penjajah datang maka para kyai, para alim ulama, para santri hadir sebagai benteng penjaga Indonesia.

 

“Menjadi pemicu bagi santri hari ini, atau saya katakan santri melenial untuk bagaimana tidak berdiam diri dalam upaya membangun bangsa, upaya membangun negeri ini. Maka harapannya adalah digelarnya hari santri setiap tahun, selain menjadi sebuah momen untuk di renungkan perjuangan para kyai, para ulama dan para santri adalah juga untuk mendorong semangat para santri dalam menimba untuk terus berkarya dan ikut serta membangun bangsa, membangun negeri ini”, Tutur Ketua RMI Bangkalan; Ra Nasih Aschal saat diwawancarai.

Acara yang berlangsung dari pukul 08:15 sampai 09:21 ini dilaksanakan dengan di awali penampilan Dram Band dari PP. Darul Hikmah, dan penyiapan pasukan dari masing-maisng pondok pesantren se-Kabupaten Bangkalan, menyanyikan lagu Yalal waton, Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Ikrar Santri yang dipimpin oleh RKH. Moh. Nasih Aschal, Lc., Pembacaan Resolusi Jihad oleh ketua PC NU Bangkalan, dan di tutup dengan pembacaan do’a oleh KH. Abdul Adzim Kholili.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba bagi santri Bangkalan yang terbagi dalam lomba seni (Pidato, Puisi, dan Kaligrafi) dan olahraga (Bola Volly, Tenis Meja, dan Catur). Dalam pelaksanan lomba ini, para peserta di haruskan memakai sarung dalam kontestasi perlombaan ini.

Reporter: As’ari yadi
Redaktur: Aziz el-Baroghi

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas