Pengurus PP. Syaichona Moh. Cholil Kembangkan Mutu Lembaga Wajar Dikdas

banner 160x600
banner 468x60

asscholmedia.net – Bangkalan, (22/10/18). Dengan adanya peraturan dari Direktorat Pendidikan Kesetaraan dan Masyarakat bahwa hanya lembaga yang sudah terakreditasi saja yang boleh mengadakan Ujian Nasional (UN), maka hal ini mendorong setiap lembaga untuk dapat melaksanakan proses akreditasi.

Dalam rangka melaksanakan peraturan tersebut Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan pada tanggal 22 oktober tahun 2018 mengadakan akriditasi untuk jenjang pendidikan wajar dikdas tingkat wustha. Adapun yang menjadi pokok penilaian terdiri dari 8 standart yang meliputi, standart kompetensi kelulusan, isi, proses, pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, penilaian dan pembiayaan.

Dengan terlaksananya visitasi akreditasi oleh tim Asesor BAN PAUD dan PNF terhadap pendidikan wajar dikdas tingkat wustha Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil mampu memberi motivasi kepada pengurus dalam mengelola dan mengembangkan mutu lembaga pendidikan, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Bapak H. Abd. Wahid Hasyim, M.Pd.I dalam sambutannya.

“Harapan kami mewakili pengurus yayasan pendidikan Ma’arif Syaichona Moh. Cholil, semoga adanya kegiatan visitasi ini mampu memberikan motivasi dan bekal kepada semua pengurus dalam meningkatkan kualitas dan mutu lembaga sehingga lembaga semakin berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas, baik secara administarasi dan manajemennya”, harapannya Bapak Wahid selaku wakil sekretaris pengurus yayasan.

Adapun tim Asesor terdiri dari, 1. Ibu Dra. Rukmini Tri Rachani 2. Ibu Mallevi Agustin Ningsih, S.Pd. M.Pd. dalam sambutannya, Ibu Dra. Rukmini Tri Rochani menyampaikan perihal tentang tujuan dilakukannya visitasi akreditasi.


“Akriditasi merupakan syarat mutlak bagi lembaga untuk menilai kelayakan dari lembaga dalam melaksanakan proses kegiatan pendidikan, maksud kami bukan ingin intervensi melaikan kegiatan ini merupakan peraturan direktorat pendidikan, sudah sekitar 70% lembaga penyelenggara pendidikan wajar dikdas yang telah melakukan akreditasi”. Tegas ibu Rukmini.

Persiapan akriditasi ini bisa dibilang sangat singkat hanya sekitar satu setengah bulan, namun kami bersama tim berusaha semaksimal mungkin agar nilai lembaga bisa mendapat peringkat baik, karena lembaga yang kami kelola ini adalah satu satunya lembaga di wilayah kabupaten Bangkalan yang ditunjuk oleh Kemenag untuk mengadakan akriditasi dan akan dijadikan lembaga percontohan bagi lembaga-lembaga yang lain. Penjelasan Ust. Moh. Samsul Arifin, S.Pd.I selaku koordinator penyelenggara pendidikan wajar dikdas saat diinterviw oleh crew Asschol Media.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh tim Asesor BAN PAUD dan PNF juga hadir PPAI Kabupaten Bangkalan Bapak Wasono, M.Pd, pihak PD Pontren Bangkalan ibu Hamidah selaku Kasi PD. Pontren dan ibu Is.

Reporter: Ach. Hafsin
Redaktur: Aziz el-Baroghi

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas