1000 Lebih Warga Hadir Meriahkan Dies Natalis Ke-1 Kampung Sholawat

banner 160x600
banner 468x60

asscholmedia.net – Rabu, (12/09/18) malam, warga Tanjung Kampung Sholawat Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan gelar Kegiatan Dies Natalis1 & memperingati Tahun Baru Islam 1440 H yang dikemas dengan acara sholawatan bersama RKH. Muhammad Karror Aschal, Shollu Community Bangkalan & KH. M. Akromi Nawawi Kwanyar. Acara tersebut berlangsung khidmat & meriah, kurang lebih sekitar 1000 orang yang hadir memadati lokasi acara.

“Alhamdulillah acara berjalan sesuai rencana, luar biasa yang hadir pada acara saat ini, tak hanya warga kampung sholawat saja tapi banyak juga warga dari desa & kecamatan tetangga bahkan ada yang dari Surabaya”, ujar Bpk. Rosyidi selaku Ketua Panitia Pelaksana saat diwawancarai.


“Untuk deketahui, Tanjung adalah sebuah perkampungan kecil yang ada di Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan yang pada tahun lalu, tepatnya pada 5 September 2017 telah dideklarasikan dan diresmikan sebagai ‘KAMPUNG SHOLAWAT’ melalui Surat Keputusan Kepala Desa Bajeman. Status tersebut sangat indentik dengan Kabupaten Bangkalan sebagai Kota Dzikir & Sholawat serta sangat relevan dengan tata ruang peradaban yang dibangun oleh warga kampung ini, dimana lantunan sholawat yang dikumandangkan oleh warga terdengar di setiap dimensi, ruang dan waktu. Saya selaku pimpinan Pemerintah Desa sangat bangga sekaligus memberikan apresiasi pada warga kampung ini, tidak salah saya menerbitkan Surat Keputusan sekaligus meresmikan Dusun Tanjung ini menjadi KAMPUNG SHOLAWAT”, ungkap Holilur Rohman (Kepala Desa Bajeman).

Selaku tokoh dan pemuka agama setempat, Ustad Imam Syadzili membenarkan apa yang disampaikan kepala desanya, warga Kampung Sholawat memang layak mendapatkan apresiasi dari pemerintah khususnya Kepala Desa karena sudah ikut serta membangun sinergitas perjuangan melalui kegiatan keagamaan.

Ada tiga kegiatan mingguan yang rutin dilaksanakan oleh tiga komunitas masyarakat; 1. Para kepala rumah tangga (kaum bapak) mempunyai kegiatan rutin tiap minggu malam berupa pembacaan sholawat Qosidah Burdah yang diiringi alat seni rebana, kemudian dilanjutkan dengan dzikir dan istighotsah untuk keselamatan dan kesejahteraan kampung. Pelaksanaan kegiatan tersebut dengan cara bergiliran dari rumah ke rumah setiap warga kampung, 2. Kaum muslimat (ibu-ibu rumah tangga) yang pelaksanaan kegiatannya tiap selasa malam yaitu sholawatan dan pengajian rutin yang dilaksanakan di Darul Mustofa (Aula Yayasan yang ada dikampung tersebut), 3. Pemuda dan pemudi melaksanakan kegiatan tiap senin malam yaitu pembacaan sholawat Maulid Simtud Duror.

Selain kegiatan warga, ada juga kegiatan sholawatan yang dilakukan oleh para guru dan murid madrasah yang ada dikampung ini berupa pembacaan Sholawat Maulid Diba’, pelaksanaannya pada Kamis malam dan pembacaan Sholawat al-Habsyi pada setiap Senin malam. Untuk kamis malam diisi kegiatan rutin yakni yasinan dan tahlilan. Jadi, kalau dilihat dari manual kegiatannya dalam satu minggu, Kampung Sholawat full dengan kegiatan sholawatan, yang kosong dari kegiatan hanya Jum’at malam, Sabtu malam & Rabu malam. Hal itu sudah menjadi kesepakatan warga kampung untuk mengkosongkan tiga malam tersebut guna memberi ruang waktu kepada warga apabila punya hajat agar dilaksanakan pada tiga malam tersebut.

Adapun rutinitas kegiatan tiap bulannya ada dua; 1. Pembacaan Sholawat dan Dzikrul Arwah yang dilaksanakan tiap tanggal 11 bulan Hijriyah yang dikemas dengan Haul Bawaji’ dan Haul Syekh Abd Qodir Al-Jailani serta Syekh Abil Hasan Ali As-Syadzily, 2. Pembacaan Qosidah Burdah dan Dzikir bersama seluruh elemen warga kampung.

Sedangkan kegiatan tahunan Kampung Sholawat ada tiga; 1. Peringatan Maulid Nabi saw. yang diadakan oleh berbagai elemen masyarakat kampung dengan mendatangkan RKH. Fakhrillah Aschal dan Ahbabul Mustofa Bangkalan, 2. Kegiatan peringatan tahun baru Islam yang dikemas dengan pembacaan Sholawat dan Qosidah Burdah yang dipimpin langsung oleh RKH. Muhammad Karror Aschal (Pimpinan Shollu Community), 3. Safari Ramadhan yang diisi dengan kegiatan pembacaan Burdah sekaligus buka bersama.

Reporter: Rahmatullah

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas