RKH. Fakhrillah Aschal: Muhasabah Sebelum Tidur

banner 160x600
banner 468x60

RKH. Fakhrillah Aschal: Muhasabah Sebelum Tidur

asscholmedia.net – Rutinitas pengajian ASSCHOL (Alumni dan Simpatisan Syaichona Moh. Cholil) yang dilaksanakan setiap tanggal 1 bulan hijriyah berlangsung dengan penuh khidmah seperti biasanya. Pengajian saat ini bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1440 H/ Selasa, (11/09/18) bertempat di Musholla PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Kajian tafsir yang diasuh oleh RKH. Fakhrillah Aschal sampai pada pembahasan surat Al-Baqarah ayat 160. Penjelasan yang beliau sampaikan sangat luas dan lugas sehingga para hadirin mudah memahami apa yang beliau jelaskan. Diantaranya adalah beliau menerangkan bahwa Allah swt itu maha penerima taubat dan wellas asih (murah hati/red.) atau maha pemberi rahmat. Saking wellas nya, seandainya dosa-dosa manusia itu dikumpulkan maka masih jauh lebih besar rahmat Allah swt. yang diberikan pada hambanya asal seseorang tersebut tidak melakukan kemusyrikan.

“Orang yang melakukan perbuatan dosa, kemudian ingat pada perbuatnnya dan langsung bertaubat, pada hakikatnya adalah kewellasan Allah swt. yang sangat disayangkan itu apabila orang tersebut melakukan perbuatan dosa tapi tidak merasa bahwa dia bersalah dan tidak ingin bertaubat” jelas beliau.

Pada kesempatan ini pula beliau menjelaskan dan sekaligus mengingatkan pada semua Alumni dan santri yang ikut mengaji bahwa kita semua harus hati-hati dan jangan sampai terpengaruh oleh godaan iblis atau setan. Cara iblis menggoda itu melalui dua cara; pertama, menggoda untuk selalu menghalang-halangi manusia untuk bertaubat. Kedua, menggoda agar manusia selalu berputus asa.

“Orang yang paling beruntung di dunia hingga akhirat adalah orang mukmin yang iman dan islamnya kuat, inilah hakikat nikmat yang sebenarnya dari Allah swt. tegas pemangku PP. Syaichona Moh. Cholil ini.

Adalah ciri khas beliau ketika mengaji (mulang; mdr/red) memberikan keterangan yang panjang lebar walaupun hanya segelintir ayat yang dibaca. Antara lain; beliau menyebutkan bahwa seseorang yang hidup dan matinya dalam keadaan kafir maka dirinya akan memperoleh laknat dari Allah swt. malaikat dan juga manusia. Yang dimaksud memperoleh laknat disini adalah orang tersebut tidak memperoleh rahmat dari Allah swt. maka dari itu, janganlah sekali-kali dengan mudah kita berkata laknatullah pada siapapun, apalagi pada sesama muslim. Para sahabat Rasulullah pun sangat penuh kehati-hatian dalam bertutur.

Masih banyak dinamika kehidupan silih berganti yang harus kita jalani dengan penuh kesabaran dan ketakwaan kepada Allah swt. gunakanlah akal kita sebaik mungkin dan berpikirlah secara cermat dan teliti.

Hal senada juga dijelaskan oleh beliau dalam pengajian ASSCHOL ini. Sebagaimana kita tahu dan mendengar, terkadang muncul sebuah Bahasa atau istilah dari nonmuslim (pada umumnya) bahwa Allah itu tidak adil. Bagaimana bisa adil, ketika nonmuslim melakukan kebaikan apapun tidak dicatat sebagai amal baik akan tetapi ketika melakukan sebuah kejelakan pasti dicatat sebagai amal jelek. Nah, disinilah kita dituntut untuk menggunakan akal dan pikiran kita. Padahal sebenarnya Allah swt. telah berfirman pada hambanya, “barang siapa mengerjakan kebaikan dari laki-laki atau perempuan sedangkan dia beriman, maka mereka akan masuk ke dalam surga”. (QS. Ghafir: 40)

“Pada hakikatnya yang dholim itu bukanlah Allah swt. melainkan manusianya sendiri karena tidak ikut pada peraturan Allah swt”. tegas beliau.

Sebagai pamungkas dari isi pengajian itu, RKH. Fakhrillah Aschal memberikan anjuran pada semua hadirin yang mana anjuran ini beliau peroleh dari gurunya Syekh Amin bin Syekh Sa’duddin al-murad. Dianjurkan bagi kita sebelum tidur untuk muhasabah diri terlebih dahulu (renungkan semua kelakuan/perbuatan kita mulai dari pagi hingga malam, lebih banyak mana antara kebaikan dan keburukan yang telah kita kerjakan). Maka kemudian bacalah Istighfar dan niat bertaubat kepada Allah swt.

Semoga bermanfaat!

Reporter: Muhammad Rofi’i
Redaktur: Ach. Hafsin

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas