Doa Rasulullah SAW di Akhir dan Awal Tahun

Tidak ada komentar 366 views
banner 160x600
banner 468x60

Pergantian tahun memberikan sebuah harapan baru. Pasalnya banyak harapan yang akan kita ajukan kepada Allah SWT. Permohonan rahmat, keselamatan, perlindungan, kelapangan rezeki, jodoh, karir, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, akhir tahun maupun awal tahun merupakan momentum untuk melihat diri sendiri (muhasabatun nafsi). Banyak hal terkait diri sendiri yang bisa diperhatikan dengan jujur. Segala hal itu, baik berupa kebaikan maupun keburukan tidak lepas dari kekurangan yang ada pada diri kita.

Di sinilah doa berperan penting dalam mengarahkan harapan kita kepada Allah SWT agar harapan kita dikabulkan oleh-Nya, dan ada baiknya kita mengajukan permohonan kepada-Nya seperti doa Rasulullah SAW yang dibaca tiga kali pada malam satu Muharram.

Berikut ini doa Rasulullah SAW di akhir dan awal tahun seperti telah disebutkan oleh Sayyid Utsman bin Abdillah bin Aqil bin Yahya (masyhur dengan julukan Mufti Batawi abad 19) dalam kitabya Maslakul Akhyar (kitab kumpulan doa), keterangan lain tentang doa awal dan akhir tahun juga bisa dilihat di kitab Safinah Al-Qadariyah, hal 85, karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Doa akhir tahun Rasululallah SAW.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ
Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Dan doa awal tahun Rasululallah SAW.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ
Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Semoga Allah SWT mengabulkan doa-doa kita semua dan selalu meringankan tiap-tiap langkah kita menuju kebaikan dunia dan akhirat. Alangkah lebih baik jika kita iringi doa ini dengan amalan lain seperti puasa sunnah, khataman Al-Quran, sedekah, atau aksi positif lainnya. Wallahu alam.

Oleh: Muhammad Rofi’i

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas