Dirikan Gedung Madrasah, Asschol Kalbar Teruskan Perjuangan Syaichona

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Sebagai salah satu jejak langkah dakwah yang dulu pernah dilakukan diberbagai daerah oleh Al-Murabbi Ruhina Syaichona Moh. Cholil adalah membangun Mushalla, Masjid dan Madrasah sebagai tempat mengaji dan menimba ilmu agama. Hal ini terus dilakukan secara turun temurun oleh para dzurriyahnya.

RKH. Fakhrillah Aschal (Pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan) yang merupakan salah satu dari dzurriyah Syaichona Moh. Cholil, yang juga putra dari Alm. KHS. Abdullah Schal, dengan jamiyah shalawatnya “Ahbabul Musthofa” bisa menggema di berbagai daerah termasuk diantaranya kepulauan Kalimantan bahkan hingga luar negeri.

Berkaitan dengan ini, Beliau juga membangun sebuah lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Cabang PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang terletak di Parit Ma’shum Punggur Pontianak Kalimantan Barat, yang mana pembangunan ini kemudian dipasrahkan pada alumni (Asschol Kalbar) sebagai tuan rumah, setelah peletakan batu pertama oleh Syekh Amin bin Syekh Sa’duddin Al-Murad dan RKH. Fakhrillah Aschal.

Perkembangan proses pembangunan Madrasah Diniyah saat ini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar walaupun pada bulan Ramadhan dan Syawal tidak diaktifkan untuk bekerja. Kemudian dilanjutkan bekerja lagi pada bulan Dzulqa’dah saat ini. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ust. Sayeri, M.Pd selaku Ketua Asschol Kalbar saat diminta informasi oleh team asscholmedia.net via WA.

“Pembangunan gedung yang sekarang sedang dibangun, untuk sementara hanya 4 lokal saja, namun untuk selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan Mushalla” imbuhnya.

“Terkait dengan sumber dana pembangunan, untuk saat ini bantuan dana diperoleh dari sumbangan sederhana menggunakan amplop yang dijalankan pada waktu bulan Rajab dan Ramadhan sedangkan sumbangan yang lain mengambil uang kas seikhlasnya pada waktu acara Triwulan dan begitu seterusnya. Kalau untuk pendanaan yang melalui Proposal memang belum membuatnya tapi tuk kedepannya akan ditindak lanjuti demi terselesaikannya pembangunan”, tegas ketua Asschol Kalbar.

Harapan Cabang Asschol Kalbar untuk Cabang Asschol lainnya dimanapun berada, mohon doanya semoga lancar, terlebih lagi bisa menyalurkan dana untuk pembangunan gedung, Mushalla dan lainnya. Dan kita sebagai alumni yang mempunyai tugas serta kewajiban untuk selalu kompak, kerjasama dan yang terpenting selalu menjaga ukkhuwah islamiyah yang baik.

Reporter: Rofi el-ponty
Editot: El-Barogi

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas