Ribuan penta’ziyah mengiringi kepergian KH Kholilurrohman (Ra Lilur)

Asscholmedia.net – Bangkalan, berita duka atas wafatnya KH. Kholilurrohman bin KH. Zahrawi sudah sampai ditelinga masyarakat sejak Rabu (11/04) tengah malam. Rumah duka di Banjar Tanah Merah yang kemudian dibawa ke rumah Putra Beliau (Ra Bir Ali) di Jl. KH. Moh. Cholil Gg. III dipadati ribuan penta’ziyah.

KH. Kholilurrohman merupakan adik kandung dari KHS. Abdullah Schal (Alm) atau pamanda dari RKH. Fakhrillah Aschal Pengasuh PP. Syaichona Moh. Cholil sekarang. Beliau dikenal sebagai ulama wali yang Majdub (Wali yang menjauhi urusan duniawi) sehingga kehidupan beliau sangat tertutup.

Tepat pukul 10:00 WIB, jenazah dipindahkan dari rumah duka ke mushalla PP. Syaichona Moh. Cholil untuk di shalatkan, yang mana pada saat itu Jenazah dipindah langsung oleh majelis keluarga Bani Cholil. Karena banyaknya penta’ziyah maka prosesi shalat jenazah sampai tiga kali secara bertahap.

Janazah kemudian diantar ke Martajesah untuk dimakamkan, para santri Se-Bangkalan serta masyarakat umum turut mengantar janazah beliau dengan berjalan kaki dari pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Demangan Barat Bangkalan hingga ke lokasi pemakaman. Setelah tiba jenazah di shalatkan kembali dan dimakamkan.

Ribuan penta’ziyah berebut memegang bambu pemikul keranda KH Kholilurrohman (Ra Lilur)

Setelah prosesi pemakaman selesai KH. Imam Buchori Cholil mengucapkan terima kasih atas hadirnya masyarakat yang turut membantu proses sejak kewafatannya beliau dari desa Banjar hingga jenazah beliau dimakamkan di Martajesah, Makbarah Buyut Beliau Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Untuk pembacaan tahlil bersama dilakukan Rabu malam Kamis (11/04) di rumah duka kediaman KH. Bir Ali bin KH. Kholilurrohman.

Reporter: Agus Mukaffi Makki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.