Pertunjukan Pencak Silat Semarakkan Mubes Asschol

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net – Pada malam pertama acara Mubes 1 Asschol, para pendekar Madura berkumpul di halaman pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan untuk memeriahkan acara tersebut, Sabtu (31/03) malam.

Pencak silat merupakan seni beladiri tradisional yang berasal asli dari Nusantara, dan pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia kemudian berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia.

Berbagai perguruan pencak silat yang turut memeriahkan Mubes 1 Asschol, antara lain: Perguruan Bambu Kuning Bangkalan Pimpinan Bapak Arip.S, Perguruan Pagar Nusa NU Tanjung Bumi Pimpinan Rahmadi, Perguruan Joko Tole Bangkalan Pimpinan Bapak Anjas, Perguruan Harimau Bafam Bangkalan Pimpinan Pak Monaki, Satria Suci Banyuates Pimpinan Bapak Abd. Somad, PSHT (Pencak Silat Setia Hati Terate) Bandang Kokop pimpinan bapak Marhasip, Parparmas Cobra Hitam asal desa Patenteng pimpinan bpk. Saudi, Perguruan Sapu Jagat asal Kedungdung Modung pimpinan Abdul Jalil, Perguruan Pamour Burneh pimpinan bapak Sohartono.

Turut memeriahkan pula pencak silat utusan dari masing-masing Cabang Asschol yakni; Asschol Kalbar, Asschol Kamal, Modung 1, Modung 2, Asschol Surabaya, Asschol Kota Bangkalan, Asschol Tanah Merah, Asschol Kwanyar, Asschol Sepulu dan Asschol Geger.

Pencak silat di bagi tiga sesi, pertama adalah penampilan dari peserta umum yang hadir, sesi kedua penampilan pencak silat dari tiap Asschol Cabang dan, yang terakhir akan diadakan sampur yang akan melibatkan semua hadirin.

Suasana saat pengambilan Air Karomah dari RKH. Fakhrillah Aschal

“Penampilan ini murni karena sebuah pertunjukan untuk memeriahkan acara Mubes bukan karena untuk kesombongan, keangkuhan dan lain-lain. Pertunjukan ini juga sebagai simbol bahwa kita merupakan satu atap, satu jiwa dan satu darah” Tutur RKH. Karror Asschol yang memandu langsung acara pencak silat.

Sebelum pertunjukan pencak silat dimulai, terlebih dahulu diadakan Ijazah oleh RKH. Fakhrillah Aschal, selanjutnya pertunjukan Pencak Silat yang dibuka oleh KH. Muhaimin bin KH. Faruq Amin Imron dan acara ini berlangsung meriah.

Reporter: Agus Mukaffi Makki

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik