Mubes Asschol dan Isyarah Syaichona Cholil

Tidak ada komentar 521 views
banner 160x600
banner 468x60

Oleh: Ahrori Dhofir

Hari sabt-Ahad Asschol (Alumni, santri dan Simpatisan Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil) bakal melaksanakan hajatan besar. Ya, Mubes yang menjadi genda utamanya. Konon, acara ‘spektakuler’ itu akan dihadiri sekaligus dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Selain itu sederet Menteri juga akan dijdwalkan hadir mengikuti serangkaian acara yang akan digelar di ‘padepokan’ lahirnya para ulama Nusantara. Tentu banyak harapan dari segenap lapisan masyarakat akan digelarnya Mubes Asschol itu. Termasuk saya, sebagai simpatisan juga menaruh harapan yang sangat mendalam.

Mubes Asschol yang pertama digelar ini mengambil tema ‘ Peran Alumni di Era Globalisasi’, sebuah tema yang sangat menarik dan akan bermanfaat jika betul-betul ditindaklanjuti lewat bahasan beberapa pogramnya. Mengapa demikian? Kita tahu, bahwa pesantren Syaichona Cholil merupakan institusi pendidikan yang melahirkanya banyak ulama, banyak tokoh yang sudah mendunia. Sebuah capaian yang cukup untuk dijadikan sebagai mediator akan perkembangnya pondok pesantren. Bukan hanya kumpul, lalu tumpul. Mubes kali ini harus betul-betul menjadi ‘media’ target yang bisa diharapkan masyarakat Indonesia. Karena saya yakin, bahwa ruh nusantara ini berawal dari Demangan, sebuah lokasi dimana pondok pesantren Syaichona Cholil eksis dan mendidik para tokoh bangsa dan pejuang negeri ini . Lewat para alumninya, pesantren Syaichona Moh. Cholil harus dapat berbicara banyak masalah kebangsaan ditengah krisisnya sikap nasionalisme ini.

Oleh sebab itulah, kehadiran kita (anda sebagai alumni dan simpatisan) tidak perlu grusah- grusuh. Besok kita hadir ke Demangan sabagai santri, bukan segerombolan orang yang bertamu lalu diam bagaikan mayyit. Tidak demikian. Kita harus menata niat dari sekarang. Bahwa kehadiran kita ke Mubes betul-betul keikhlasan hati dan panggilan masyayikh. Bukan sekadar ingin memamerkan kesuksesan yang dimilikinya. Kita datang ke Demangan dengan sikap santri; tawadlu’, menata etika serta tidak membusungkan dada. Jika ketepatan kita termasuk alumni yang sukses dan punya segalanya, janganlah bersikap sebagai ‘orang lain’ , akan tetapi tetaplah santri. Kesuksesan itu tidak bisa dinilai dari wajah dzahir, sama sekali tidak. Melainkan bagaimana kita bisa seirama dengan syariat dan perintah masyayikh itulah kesuksesan. Kita kedemangan bukan karena ada Jokowi, akan tetapi karena taat pada kiai. Biarlah Jokowi hadir ke Demangan, akan tetapi jangan sampai mengalahkan sambungan hati kita kepada para masyayikh.

Sekali lagi, besok hari sabtu-ahad, kita akan bernostalgia sebagai santri. Ada rentetan acara yang harus kita ikuti, termasuk tanak massal. Ingat, sang pendiri pesantren, Syaichona Cholil sangat menjaga akan sebuah etika. Konon, beliau sangat ikhlas melepas klompen nya dari jarak kiloan meter ke dalem kiaianya hanya karena takut gururya merasa terganggu dengan bunyi kolmpennya. Kolot? Tidak!. Itu adalah sikap santri sejati, yang tidak pernah gengsi. Karena selalu mengepankan hati. Besok, kita di Demangan tidak perlu menjadi ahli tafsir dalam hal apapun kepada para masyayikh, terlebih yang ada kaitannya dengan Pilkada. Sebab terkadang kita lebih senang menjadi ‘juri’ dan mendiskusikan langkah seorang guru dalam masalah pemilihan. Sikap taslim merupakan kriteria santri sejati tadi. Mengingat-ingat kembali cerita puluhan ulama se Jawa-Madura yang hendak sowan ke Syaichona Cholil, dikarenakan tidak berani mengutarakan kepentingannya, akhirnya lewat salah-satu menantunya yang bernama Doro Muntaha kepentingan itu tersalurkan. Konon, sama Syaichona Cholil langsung dijawab dengan Isyarah ayat. Para ulama tadi langsung taslim dan langsung pulang. Kiranya kita semua bisa meniru tindak langkah para ulama-ulama tersebut dengan tanpa menaruh perasaan su’dzan kepada para masyayikh . Akhirnya saya ucapkan; Selamat ber Mubes, semoga kita semua mendapat aliran Barokah Syaichona Cholil.

Kendaban, 12 Rojab 1439 H/ 29-Maret 2018 M. 22.31 Wib

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik