Kementerian Agama RI Programkan “Mengaji Indonesia”

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net- UIN Sunan Ampel Surabaya gelar acara “Mengaji Indonesia” dengan tema besar “Islam Indonesia: Penebar Kedamaian” yang ditempatkan di halaman Twin Towers Kampus UINSA. Senin, (05/03) malam.

Acara yang dimulai setelah shalat isyak ini diawali oleh beberapa rangkaian penampilan diantara nya: pembacaan Shalawat yang diiringi oleh tarian sufi, persembahan lagu dari group Angklong oleh Mahasiswa UINSA Surabaya, persembahan syair dan lagu-lagu keindonesiaan, serta pembacaan syaraful anam bersama oleh Group Jaguar Nusantara.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran, lagu Indonesia Raya, HIMNE dan MARS oleh Paduan Suara UINSA, Pembacaan Shalawat Sunan Ampel oleh Mahasiswa Pesantren UINSA.

Dalam sambutan nya dan sekaligus sebagai Narasumber, Prof. Dr. H. Abdul A’la, M.Ag mengungkapkan bahwa kami bangga menjadi Indonesia karena malam ini Kita masih bersatu dalam acara Mengaji Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dalam rangka membangun kebersamaan dan merawat keagamaan yang sejuk dan damai, yang sengaja dikemas dengan lesehan kemudian diadakan diskusi bersama. Acara ini mulai ada pada thun kemarin (2017)” tegas beliau selaku Rektor UINSA Surabaya.

“Selain kita mengaji Indonesia dalam arti mempelajari, mendalami, dan memahami esensi dari Indonesia itu, tapi juga akronim dari mengasah jati diri Indonesia”, Imbuh beliau.

Bapak Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama RI) sebagai Host pada acara ini juga menuturkan bahwa kami di kementerian agama sengaja membuat program mengaji Indonesia yang di gelar di sejumlah Perguruan Tinggi keagamaan yang ada di bawah naungan kementerian agama agar dengan adanya forum seperti ini diharapkan kita bisa memiliki keteguhan dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menjadi Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber lalu berdialog dengan masyarakat (hadirin) sehingga kami di kementerian agama bisa lebih memahami apa yang diharapkan dan apa yang menjadi keinginan masyarakat.

Di sela-sela awal kegiatan besar ini, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, kampus UINSA Surabaya mendirikan produk UINSA Halal Center (UHC) yang di resmikan dan di launching langsung oleh Bapak Menteri Agama (Lukman Hakim Saifuddin) dan di temani oleh Rektor UINSA Surabaya.

UHC ini berkonsentrasi pada hal research (penelitian multi disipliner), pengembangan produk halal yang bermutu, proses, menejemem, dan edukasi.

Kegiatan Mengaji Indonesia ini juga menghadirkan tokoh-tokoh utama sebagai Narasumber yaitu KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus/Budayawan), Rosianna Silalahi (Direktur Pemberitaan Kompas TV) dan Prof. Dr. H. Abdul A’la (Rektor UINSA Surabaya), dan juga menghadirkan tokoh lintas agama, Pemprov Jatim, Polda Jatim, beberapa Pimpinan Perguruan Tinggi di Jatim, keluarga besar UINSA Surabaya serta ribuan undangan yang melibatkan masyarakat umum dan mahasiswa.

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik