RKH. Fakhrillah Aschal: Mintalah Pertolongan Dengan Sabar dan Shalat !!!

banner 160x600
banner 468x60

ياايها الذين امنوا استعينوا بالصبر والصلاة ان الله مع الصابرين

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

 

Hai orang Mukmin, mintalah pertolongan untuk mencapai kebahagiaan akhirat dengan jalan bersabar, taat melakukan ibadah dan sabar menghadapi cobaan dan mengerjakan shalat karena kalian hidup di dunia ini tidak akan bisa merasakan nikmat dan ketentraman hidup, apalagi kelak di akhirat kecuali dengan sabar karena kita tahu bahwa di dunia tidak akan lepas dari ujian, fitnah, bencana, semuanya itu merupakan bentuk ujian dari Allah swt. Bentuk dari ujian itu sendiri adakalanya berupa sabar dalam melaksanakan pekerjaan ibadah bagaimana cara untuk mengerjakan ibadah bisa istiqomah, bisa mampu mengerjakan ketaatan dengan sempurna,  bisa selalu bersyukur kepada Allah, dan juga ujian yang berupa kesusahan dengan cara bersabar atas apa yang telah menimpanya serta mengambil hikmahnya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda: Saya kagum terhadap sifatnya  orang mukmin karena ketika mereka mendapat nikmat mereka bersyukur kepada Allah,  bersyukur terhadap pekerjaannya yang baik, bersyukur terhadap pekerjaannya yang diridlai oleh Allah karena dengan bersyukur oleh Allah nikmat yang diberikan akan ditambah,  dan sifatnya orang mukmin yang kedua yang saya kagumi adalah ketika diberi ujian mereka selalu bersabar menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah, syukur dan sabar adalah merupakan dua sifatnya hati yang sangat dipuji oleh Allah swt.

 

Macam-macam Sabar ada 3 bagian 1. Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah Swt. 2. Sabar dalam menjauhi perbuatan ma’siat  3. Sabar dalam menghadapi musibah atau bencana.

 

Yang dimaksud Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah Swt. adalah sabar dalam menjalankan ketaatan atau ibadah kepada Allah,  karena manusia memiliki sifat malas sehingga enggan untuk melakukan ketaatan, tapi mereka sabar walaupun berat dalam mengerjakan ibadah, walaupun malas tetapi mereka sabar mengerjakan ibadah, karena tak mungkin manusia dalam mengerjakan ibadah dengan tanpa adanya upaya, karena manusia punya hawa nafsu, sedangkan hawa nafsu selalu mengajak terhadap kejelekan  ان النفس لأمارة بالسوء dalam melakukan ibadah memang seperti itu kecuali sudah sampai pada makom mahabbah karena kalau seseorang sudah sampai pada tingkat makom mahabbah maka bila dia melakukan ibadah bukan cuman sebatas mengerjakan ibadah semata melaikan dia sudah merasakan nikmat dari ibadah yang ia lakukan.

 

Sedangkan yang dimaksud Sabar dalam menjauhi perbuatan ma’siat yaitu menahan diri untuk tidak mengerjakan perbuatan maksiat,  sabar dalam hal seperti ini adalah sabar yang paling berat, paling sulit untuk dilakukan karena manusia memiliki hawa nafsu.

 

Adapun yang dimaksud Sabar dalam menghadapi musibah atau bencana yakni sabar dalam menghadapi musibah atau bencana dengan cara mengambil hikmah dari musibah atau bencana yang dialaminya, dibalik musibah atau bencana yang Allah berikan pasti terdapat hikmah besar yang oleh Allah swt telah direncanakan.

Dari ketiga macam sabar yang telah disebutkan, sabar yang paling berat untuk dilakukan adalah sabar menahan diri untuk tidak mengerjakan maksiat karena musuhnya atau yang dihadapi  adalah hawa nafsu yang berada diri seseorang,  Nabi Muhammad bersabda : peperangan yang paling dahsyat adalah peperangan dalam memerangi hawa nafsu karena hawa nafsu tidak pernah menyerah untuk mengalahkan manusia, eksistensi hawa nafsu itu tergantung dari orangnya, ada yang bisa diarahkan terhadap hal-hal yang positif/manfaat ada juga hawa nafsu yang mengarah terhadap hal yang negatif.  Hawa nafsu itu pasti ada karena tanpa adanya hawa nafsu tak mungkin manusia akan mendapat keturunan, dengan hawa nafsu yang mampu diarahkan terhadap hal yang bermanfaat maka seseorang akan melakukan hak suami isteri sesuai anjuran syariat sehingga akan membuahkan keturunan yang sholihin dan sholihat.

 

Hawa nafsu yang bisa mengarahkan terhadap hal yang positif yang manfaatnya sangat besar disebutkan dalam firman Allah :

ياايتها النفس المطمئنة ارجعي الى ربك رضية مرضية فادخلي في عبادي وادخلي جنتي

Artinya : Hai jiwa yang tenang, kembalilah  kepada tuhanmu dengan hati yang puas  lagi diridhai-Nya, maka masuklah kedalam jamaah hamba-hamba-Ku dan masuklah kedalam surga-Ku.

Ada perbedaaan antara orang mukmin dengan orang kafir dalam masalah bersabar, jika orang kafir tidak bisa Sabar menahan diri untuk tidak mengerjakan makasiat, mereka menerobos larangan Allah, padahal semua manusia diperintahkan oleh Allah agar beriman dan bertakwa kepada-Nya.

 

Dalam menggapai kebahagian dunia dan akhirat orang Mukmin diperintah meminta pertolongan kepada Allah agar sabar dalam menghadapi musibah karena pahala paling besar bagi orang mukmin dalam menggadapi  musibah adalah disaat pertama kali dia tertimpa musibah, dia mampu bersabar dalam menghadapinya, sebagaimana sabda nabi muhammad saw. :

الصبر عند الصدمة الاولى

Sedangkan cara agar hati agar bisa mudah menghadapi musibah adalah dengan melihat hikmah dari musibah yang ditimpanya karena dalam musibah pasti ada hikmah yang lebih besar daripada musibah yang Allah berikan,  sebagaiman firman dan janji allah;

فإن مع العسر يسرا إن مع العسر يسرا

Bagi seorang mukmin yang tertimpa musibah, oleh Nabi Muhammad saw dianjurkan berdo’a sebagaimana nabi menganjurkan kepada shabat Ummu Salamah disaat isteri beliau meninggal,  doa yang anjurkan dibaca;

اللَّهُم اجرني في مصيبتي واخلف لي خيرا منها

Orang Mukmin juga diperintah untuk mengerjakan sholat karena baik tidaknya perbuatan seorang hamba ditinjau dari cara mengerjakan sholatnya, kalau sempurna dalam mengerjakan sholat maka seorang hamba akan baik semua perbuatannya, pekerjaan ibadah yang paling utama daripada ibadah-ibadah yang lain adalah sholat makanya kelak di akhirat amal seorang hamba yang pertama kali akan dihisab adalah sholat sebagaimana yang disebutkan dalam hadits :

اول ما يحاسب عليه العبد الصلاة

Sholat juga mampu mencegah dari perbuatan jelek dan mungkar, dalam al-qur’an disebutkan :

ان الصلاة تنهى عن الفخشاء والمنكر

Adapun sholat yang dimaksud disni adalah sholat yang dikerjakan dengan khusyu’ dan sempurna.

Semoga kita senantiasa oleh Allah swt. dijadikan sebagai orang yang sabar karena sesungguhnya allah bersama orang-orang yang sabar, Amin ya rabbal alamin.

 

Redaksi : Ach. Hafsin

Disadur dari Pengajian Asschol yang diasuh oleh RKH. Fakhrillah Aschal

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik