Tidak Hanya Menghadiri Mubes Menakertrans Akan Berdayakan Alumni Lewat BLK Komunitas

banner 160x600
banner 468x60

Sore itu lalulintas di Jakarta nampak padat seperti biasanya, butuh waktu satu setengah jam untuk sampai di kantor Kementerian Ketenagakerjaan di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kaf 51 Jakarta Selatan dari Jl. Cempaka Putih 27 No 8 Jakarta Pusat rumah salah satu alumni Syaichona Moh. Cholil.

KH. Nasih Aschal (Ketua Umum) ditemani Ust. Abd. Wahed, M.Pd.I (Ketua Panpel) Zainal Arifin, S.Pd.i (Sekretaris) dan H. Mudassir (Alumni) tiba di kantor Kementrian Ketenagakerjaan pada pukul 16.30 WIB. Langsung melaksanakan shalat Ashar di masjid yang terletak di area kantor kemudian menuju salah satu Cafe yang berada di depan masjid karena pertemuan dengan Menakertrans Hanif Dhzkiri dijadwalkan pada pukul 18.00 WIB.

Tepat seperti yang telah dijadwalkan rombongan KH. Nasih Aschal menemui Menakertrans Hanif Dhakiri diruang kerjanya yang sudah tampak lengang sore itu, melalui ajudannya yang bernama Nurul Huda kami dipersilahkan masuk dan Menakertrans menyambut kedatangan kami dengan keakraban dan kehangatan seperti halnya kawan lama yang baru berjumpa.

Menakertrans membuka percakapan dengan informasi-infomasi menarik seputar keadaan negeri ini yang merupakan perpaduan dari sistem negara kapitalis dan sosialis “Gampangannya negara sosialis itu kebutuhan rakyat dipenuhi makanannya dijamin, tapi mereka dilarang bersuara atau mengkritik pemerintah, sedangkan negara kapitalis itu negara memberikan kebebasan kepada rakyat untuk berbuat apapun namun negera juga tidak menyediakan kebutuhan rakyatnya” ucapnya.

“lah yang aneh itu ya Indonesia, Rakyatnya ingin diberi makan (subsidi) namun mereka selalu bicara dan mengkritik pemerintah” imbuhnya disertai tawa ria para hadirin yang memecah ruangan.

Selain bertujuan menghadirkan Menakertrans di acara Mubes sebelumnya Pengurus Pusat Asschol telah berencana menawarkan permohonan kerjasama melalui program-program Menakertrans yang bisa diserap oleh Alumni dan Simpatisan Syaichona Moh. Cholil sehingga kami mencari kesempatan yang baik untuk mengutarakan niat baik itu.

Setelah berbicang cukup lama akhirnya Menakertrans membuka diri ingin mengetahui maksud dan tujuan kami “iya Gus apa ini kira-kira yang bisa saya bantu” ujarnya. Disambut penjelasan KH. Nasih Aschal tentang tujuannya menemui beliau “Kami akan mengadakan acara yang cukup besar dimana semua alumni akan hadir baik yang lokal, regional, nasional bahkan yang ada di luar negeri” ungkapnya.

Dan belum sempat KH. Nasih Aschal mengutarakan tujuan kedua bagaikan dayung bersambut Menakertrans menawarkan Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas kepada kami sehingga segenap rombongan sumringah “lah ini berarti nyambung dengan niat kami datang kesini” imbuh Ra Nasih sapaan Akrab KH Nasih Aschal.
“iya, di BLK Komunitas ini kita berusaha meberdayakan santri dan alumni pesantren melalui pelatihan kerja yang nanti akan kami fasilitasi sarana prasarananya dan juga akan kami top down pelatihannya selama dua tahun” jelas Hanif Dhakiri

Pria alumni Pondok Pesantren Tebu Ireng ini juga menjelaskan bahwa BLK Komunitas ini ada tiga pilihan meliputi otomotif sepeda motor, keterampilan las dan Informasi Teknologi (IT). Dia juga menyarankan agar kami mengambil IT sebab menurutnya kedepan bahkan hari ini IT telah memiliki peran vital dalam pergulatan ekonomi mikro maupun makro.

Dia juga sempat memperlihatkan karyanya mengedit foto-foto pribadinya bersama keluarga dalam bentuk slide show yang telah dia upload ke internet dan dia bandingkan berapa jumlah orang yang ngelike fotonya yang sudah diedit dengan yang belum diedit berpaut sangat jauh.

Setelah melaksanakan shalat maghrib dan makan bersama kami undur diri namun sebelum pergi kebetulan saat itu ada ajudan Menakertrans yang mengatur Jadwal beliau kami ingin memastikan apakah pada pelaksanaan Mubes nanti beliau free atau tidak dan alhamdulillah pada bulan 31 Maret beliau siap hadir di Mubes bahkan direncanakan akan mengisi TalkShow dengan tema “Eksistensi Alumni di Era Globalisasi” yang merupakan tema Mubes.

author
Sebagai Admin Asschol Media kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan kerja keras dan profesionalisme tinggi kami berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat pada masyarakat luas