Sayangilah Anak Yatim Niscaya Nabi Menjadi Temanmu Di Sorga

banner 160x600
banner 468x60

Agama kita (Islam) yang dibawa oleh Rosulullah saw mengandung misi ajaran “rahmatan lil’alamin” (menebar rahmat pada seluruh semesta alam). Tak ada satupun makhluk hidup yang terlewat dari rahmat tersebut, terutama orang-orang lemah seperti orang-orang miskin dan anak-anak yatim.

Anak-anak yatim adalah anak-anak yang kehilangan sosok ayah yang menjadi pemimpin mereka dalam keluarga, pelindung mereka dari segala bahaya, pembela kehormatan keluarga. Tanpa sosok ayah dalam sebuah keluarga menjadikan keluarga tersebut terutama anak-anak yatim seperti tanpa perlindungan bahkan tanpa kemuliaan. Karena faktor inilah Islam datang untuk memberikan perlindungan dan rasa aman bagi mereka agar mereka bisa tumbuh secara normal seperti anak-anak yang lain. Menyayangi mereka merupakan sebuah kewajiban bagi kita sebagai umat Islam, apapun kondisi dan tingkah laku anak yatim yang hidup di lingkungan kita.

Keutamaan menyayangi dan menyantuni anak yatim:
Hadits-hadits tentang keutamaan menyayangi dan menyantuni anak yatim antara lain:

1. ” Barangsiapa yang menyantuni anak yatim baik si yatim masih memiliki sanak kerabat ataupun tidak, maka aku bersamanya di sorga seperti dua jari ini (beliau saw menyatukan dua jarinya)”. HR. Al-Bazzar

2. “Rumah terbaik di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim yang diperlakukan secara baik. Dan Rumah yang terburuk di kalangan kaum muslimin adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang diperlakukan secara tidak baik. HR. Ibnu Majah.

3. “Barangsiapa membelai kepala anak yatim semata-mata karena Allah maka baginya beberapa kebaikan untuk setiap rambut yang dilalui oleh tangannya. Dan barangsiapa berbuat baik pada anak yatim laki-laki ataupun perempuan yang hidup bersamanya maka aku dan dia di dalam sorga seperti (dua jari) ini”. HR. Ahmad.

4. ” Apakah engkau suka jika hatimu lembut dan hajatmu tercapai?. Sayangilah anak yatim, belailah kepalanya, berikan ia makanan dari makananmu (seperti yang engkau makan), niscaya lembut hatimu dan tercapai hajatmu”. HR. At-Thobroni dari Abi ad-Darda’.

5. “Demi Dzat yang telah mengutusku untuk membawa perkara yang hak. Di hari kiamat nanti Allah tidak akan menyiksa seseorang yang menyayangi anak yatim dan berkata dengan lemah lembut kepadanya…”. HR. At-Thobroni

6. ” Barangsiapa yang menggenggam (tangan) seorang anak yatim dari kalangan kaum muslimin (membawanya) pada makanan dan minumannya, maka Allah SWT pasti memasukkannya ke dalam sorga kecuali jika ia melakukan satu dosa yang tidak dimaafkan”. HR. Imam At-Tirmidzi.

7. ” Aku adalah orang pertama yang akan membuka pintu Sorga. Hanya saja aku melihat seorang perempuan yang beradu cepat denganku. Lalu aku bertanya padanya,” Ada apa denganmu dan siapa dirimu?”. “Saya seorang perempuan yang mengasuh anak-anak saya yang yatim”.

Tertulis Kisah dan pengalaman hidup yang dialami salah seorang ulama salaf;
“Dulu pada awal urusanku, aku suka mabuk dan terjerembab dalam perbuatan maksiat. Lalu pada suatu hari aku melihat seorang anak yatim. Aku muliakan dia seperti dimuliakannya seorang anak bahkan lebih dari itu. Kemudian aku tidur. Dalam tidurku aku bermimpi malaikat Zabaniyah menangkapku dengan keras membawaku pada neraka Jahannam. Namun tiba-tiba kami berjumpa dengan anak yatim tadi membelaku,” lepaskan dia sampai aku mengadu pada Tuhanku(Allah)tentangnya”. Kata si yatim. Tetapi malaikat Zabaniyah tidak menggubris permintaannya. Tiba-tiba terdengarlah suara memanggil,” menyingkirlah darinya. Sungguh Aku telah memberikan padanya (yatim) apa yang dia minta sebab (hambaku itu) telah berbuat baik kepadanya. Lalu aku terjaga. Dan sejak saat itu aku bersungguh-sungguh dalam memuliakan anak yatim.

Rosulullah Saw bersabda :” tidak akan pernah masuk ke dalam sorga kecuali hanya seorang yang penyayang”. Para Sahabat bertanya,” Wahai Rosulullah, kami semua adalah orang-orang yang penyayang”. ” Seorang yang penyayang bukanlah orang yang hanya menyayangi diri sendiri. Akan tetapi seorang yang penyayang adalah orang yang sayang terhadap dirinya sendiri dan terhadap orang lain”.

Redaktur: Farid Tumyadi

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Sayangilah Anak Yatim Niscaya Nabi Menjadi Temanmu Di Sorga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.