Ketua NU Jatim KH. Mutawakkil: Kekuatan NU Berada di MWC/Akar Rumput

banner 160x600
banner 468x60

AsscholMedia.net- Ketua Pengurus Wlayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH. Mutawakkil Alallah turut serta menghadiri pelantikan PCNU Bangkalan yang digelar di Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan yang dilaksanakan oleh segenap pengurus NU Bangkalan terpilih pada 17/1/18.

Kiyai Mutawakkil mengingatkan bahwa kedepan NU akan semakin ditantang apalagi PCNU Bangkalan mengingat bangkalan sebagai pintu gerbang memasuki Madura “Bangkalan merupakan pintu masuk madura, maka bangkalan bisa dikatakan penyangga ekonomi Madura, NU Bnagkalan yang akan semakin ditantang ini diharapkan bisa menjadi uswah bagi PCNU yang lain” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga KH. Mutawakkil menjelaskan maksud dan tujuannya menghadiri undangan pelantikan NU bangkalan di pp. Syichona moh. Cholil. “selain ingin menghadiri undnagan panitia, saya sengaja hadir disini karena ingin menyambung sanad ilmu, sebab dulu buyut saya juga merupakan santri Syachona Moh. Cholil Bangkalan” jelasnya.

Menurutnya kekuatan NU yang sebenarnya itu berada di akar rumput atau dalam dal ini MWC bahkan Ranting NU “kekuatan NU yang riil itu berada di akar rumput yaitu MWC-MWC yang disana terdapat pondok Pesantren, musholla dan majlis-majlis taklim oleh karenan struktur NU sampai level bawah harus dihidupkan melalui resafle kepengurusan bila kepengurusannya sudah tidak aktif” imbuhnya.

“saat ini marak gerakan-gerakan trans nasional yang ekstrim yang ingin merongrong kesatuan NKRI, maka NU harus berdiri lurus diantara gerakan ekstrim kanan dan kiri, disampaing itu juga banyak gerakan politik yang mengetasmanakan membela agama padahal hanya ingin meraih kekuasaan, maka NU harus tetap lurus” tandasnya.

Prosesi Pelantikan PCNU Bangkalan

Beliau juga mengingatkan bahwa gerakan-gerakan ini pasti akan menyerang NU diakar rumput sebab disanalah basis NU yang juga rapuh dan mudah diserang, organisasi ekstrim itu menurutnya tidak akan menyerang langsung ke pusat NU sebab mereka akan berhadapan dengan orang-orang yang memiliki intelektualitas tinggi dan tidak mudah dibodohi.

Maka menurutnya hal yang paling penting dilakukan oleh semua struktural NU adalah kaderisasi sebab melalui hal inilah NU akan tetap eksis dan berkembang kedepannya. Diakhir penyampaiannya beliau mendoakan semoga PCNU Bangkalan menjadi PCNU percontohan bagi PCNU yang lain sebab Bangkalan merupakan embrio lahirnya NU.

Reporter: Zainal Arifin

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik