Siapkan Pemimpin Umat, PPSMCH Gelar Tajhizul Mayit

banner 160x600
banner 468x60

asscholmedia.net. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang didirikan atas dasar tafaqqahu fiddin yakni kepentingan umat Islam untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama Islam tidak hanya berkembang sebagai lembaga yang isinya cuma ngaji dan menelaah kitab salaf akan tetapi lebih dari itu.

Diberbagai kegiatan yang telah terjadwal, kali ini giliran Santri Putra Kelas 1 Aliyah Tarbiyatul Muallimin Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan adakan kegiatan Tajhizul Mayit (tatacara mengurus mayat), yang bertempat di kediaman Imam Haromain, Desa Kelampis. Rabu, 10/01/18.

Kegiatan ini diadakan karena sangat dipandang perlu dan penting untuk diketahui oleh setiap orang khususnya bagi santri yang notabenenya belajar kitab kuning di pondok pesantren. Pada dasarnya, secara teoritis pelajaran tentang mengurusi mayit sudah di pelajari di kitab fiqih. Namun untuk memantapkan dan mengaplikasikan hal tersebut perlu dilakukan praktik secara langsung dengan tujuan santri mampu mengamalkannya kelak di masyarakat.

“Diadakannya kegiatan ini agar bisa memahami secara langsung serta selaras dengan referensi kitab salaf dengan tradisi yang ada di masyarakat”, tutur Ust. Muhammad Tuba, S.Pd.I (Guru Madin PP. Syaichona Moh. Cholil Bangkalan) selaku pembimbing Tajhizul Mayit.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Kelas 1 ATM ini tidak hanya di ikuti oleh Santri tapi juga diikuti oleh masyarakat sekitar, dan berjalan dengan lancar hingga selesai.

Reporter: Ust. Kholifi
Redaktur : M. Rofi’i

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik