KH Nasih Aschal: Santri Hakiki

1 komentar 499 views
banner 160x600
banner 468x60

Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil kembali menggelar peringatan maulid nabi Muhammad SAW. sebagai edukasi belajar mencintai seorang pemimpin terlebih pemimpin spiritual yang menuntun umat menuju jalan keselamatan.

Sabtu (25/11) malam tepatnya pukul 19.00 WIB. tampak barisan santri berseragam putih telah memenuhi pelataran pondok pesantren diikuti dengan dentuman Suara rebana yang mulai terdengar mendayu-dayu diantara wajah santri yang berbinar-binar meyambut peringatan maulid nabi dan juga pulangan pesantren yang ditandai dengan libur semester ganjil

Naiknya sosok sederhana ke atas panggung membuat para santri memusatkan perhatiannya seraya mensejajarkan posisi duduknya, bagaimana tidak dialah ketua umum pesantren KH Nasih Aschal yang akrab disapa Ra Nasih akan memberikan pesan dan harapan kepada santri.

“Santri yang sebenarnya bisa memahami apa yang diperintahkan oleh kiyai dan apa yang akan dia dapat dari melaksanakan perintah tersebut bukan hanya santri yang sekedar mengikuti perintah” ucap Ra Nasih mengawali tausiyahnya.

“oleh karenanya semestinya peringatan maulid nabi di Pesantren harus dimaknai tidak sekedar membaca shalawat,  tapi juga atas perintah guru dan kiyai sehingga nilai maulid ini bertambah” sambungnya.

Disamping itu yang sangat penting menurut Ra Nasih bagaimana  pada momentum peringatan maulid bisa menjadikan baginda Rasul sebagai suri tauladan bukan seperti masyarakat awam yang hanya sekedar mengadakan peringatan mauled tanpa memahami esensi yang terkadung didalamnya

Itulah diantara alasan mengapa para santri ini dipulangkan agar bisa melaksanakan peringatan maulid dirumah masing-masing sebagaimana peringatan mauled di pesantren.

Redaktur : Zainal Arifin
Editor: Ach Hafsin

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik