POSKESTREN Syaichona Moh. Cholil Adakan Penyuluhan Kesehatan

banner 160x600
banner 468x60

Asscholmedia.net– Bagian Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) Syaichona Moh. Cholil Bangkalan mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PUSKESMAS Kabupaten Bangkalan, dengan tema Meningkatkan Paradigma Santri Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat, Jumat (10/11/17).

Kegiatan ini diadakan tiga bulan sekali sebagaimana yang telah diagendakan oleh tim POSKESTREN. Pada saat ini melibatkan seluruh santri putra pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil. Dan untuk santri putri akan ada agenda tersendiri nanti ungkap Bapak Abd Rasid, Ketua POSKESTREN Syaichona Moh. Cholil.

Para santri terlihat sangat antusias sekali ketika mengikuti penyuluhan di Ppsmch

Kegiatan ini tiada lain merupakan bentuk nyata kepedulian tim bidang kesehatan kepada semua santri akan kebersihan dan kesehatan santri mengingat akhir-akhir ini santri banyak yang sakit, kena gatal-gatal, korengan dan lain sebagainya. Maka dari itu, kami himbau kepada seluruh santri pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil agar selalu menjaga perilaku bersih dan sehat, karena dengan kita bersih pasti kita sehat. Dan hal itu harus dimulai dari diri kita sendiri, imbuhnya saat diwawancarai oleh reporter asscholmedia.net.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh pihak PUSKESMAS Senenan Bangkalan adalah “Untuk menyemarakkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang ada dibawah naungan Dinas Kesehatan seluruh Indonesia, yang salah satunya melalui penyuluhan ke berbagai pesantren, juga ke posyandu balita, posyandu lansia dan lainnyaā€¯ tutur Ibu Wiwin dan Ibu Yuliana.

Ada beberapa point penting yang disampaikan oleh Ibu Triana Wahyu Ningsih dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, antara lain Ada banyak perilaku yang bisa diterapkan di pondok pesantren dalam mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS); melakukan aktifitas fisik (olah raga)seperti senam, mengkonsumsi buah dan sayur, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, membuang sampah pada tempat sampah yang tertutup, menjaga dapur sehat, menjadikan kantin sehat, membebaskan pesantren dari jentik nyamuk, dan lain-lain.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan khidmah dari pukul 08:00 sampai 10:30. Dan sebagai penutup acara, panitia penyiapkan door prize dan makan buah bersama-sama sebagai simbol bahwa santri bisa hidup sehat.

Redaktur: Rofi el-ponty

 

 

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik