DAHSYATNYA SEDEKAH

Tidak ada komentar 243 views
banner 160x600
banner 468x60

DAHSYATNYA SEDEKAH

Dengan Sedekah Kita Sehat, Kaya Raya dan Jauh Dari Bala’.

Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan maksud semata-mata ingin memperoleh pahala dari Allah, baik dimintai atau tidak. Sedekah boleh diberikan kepada siapa saja termasuk kepada orang yang terbilang kaya. Tetapi alangkah lebih baik jika diberikan pada orang-orang miskin dan yang sangat membutuhkan.

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang sangat mulia dan mendapatkan apresiasi tinggi dalam ajaran Islam. Sedekah berasal dari akar kata ” Shodaqo” (Arab) yang artinya ” jujur dan benar”. Oleh karenanya sedekah menjadi salah satu alat pembuktian kebenaran pengakuan beriman dari seseorang. Selain itu, sedekah menjadi salah satu “alat ukur” seberapa besar dan kuat keimanan seseorang. sebab Tidak sedikit muslim yang rajin sholat, puasa dan berhaji berulang kali, ternyata tidak lulus melalui ujian yang bernama sedekah. Jika sholat,puasa dan haji manfaatnya untuk diri sendiri, maka manfaat sedekah adalah untuk orang lain. Jika sholat, puasa dan haji merupakan ibadah mahdloh (murni) yang menghubungkan dengan sang Kholiq (Allah), maka sedekah merupakan ibadah sosial yang menghubungkan seseorang dengan manusia yang lain. Sedekah merupakan ibadah yang bersifat “memberikan manfaat kepada sesama manusia” yang mana unsur “bermanfaat” menjadi penentu status “terbaik” bagi seorang mukmin seperti yang Nabi sabdakan :” Manusia terbaik adalah yang paling banyak memberikan manfaat untuk manusia lainnya”. Oleh karena itu orang yang suka bersedekah termasuk orang yang terbaik.

Keutamaan Sedekah
Setiap perbuatan ibadah pasti memiliki keutamaan dan kelebihan. Begitu pula sedekah, memiliki beberapa keutamaan diantaranya :

1. Menolak mati buruk (maytatussu’). Mati buruk disini maksudnya adalah mati dengan kondisi yang dianggap buruk oleh manusia. Misalnya mati ketika sedang buang air besar sehingga tubuhnya berlumur kotoran, mati ketika sedang berada di diskotek walaupun hanya sekedar masuk melihat-lihat. Berbeda dengan “suul khotimah” yang artinya “buruknya akhir kehidupan”. Mati dalam keadaan kehilangan iman. Setiap mukmin pasti menginginkan dijemput kematian pmenghadap Allah SWT dalam keadaan beriman dan dalam kondisi terbaik seperti saat sedang bersujud bermunajat kepada Allah. Oleh sebab itu hendaklah kita rajin bersedekah.

2. Obat segala penyakit. Rosulullah saw bersabda:” Jagalah harta kalian dengan zakat. Obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah. Dan hadapilah segala macam cobaan dengan do’a”.

3. Menjauhkan dari kematian akibat sengatan, kerobohan dan mati mendadak. Rosulullah saw, bersabda:” tidaklah seorang laki-laki bersedekah pada waktu siang ataupun malam kecuali ia dijaga dari kematian akibat sengatan binatang berbisa atau kerobohan atau kematian secara tiba-tiba”.

4. Memberikan kegembiraan di hati orang-orang miskin, karena amal yang paling utama adalah memberikan kegembiraan pada orang-orang mukmin.

5. Menumbuhkan keberkahan harta dan keluasan rizki, sebagaimana yang Allah firmankan dalam al-Qur”an (( apapun yang kalian infaqkan maka pasti Allah ganti )).

Syeikh al-Faqih az-Zahid al-Alim Nashr Ibn Muhammad Ibn Ibrahim as-Samarkandi ra berpesan ,” Hendaklah engkau bersedekah dengan harta yang sedikit atau yang banyak. Karena di dalam sedekah terkandung sepuluh perkara yang terpuji. Lima di dunia dan lima lainnya di akherat. Lima di dunia ; yang pertama adalah sedekah dapat membersihkan harta benda sebagaimana sabda Rosulullah saw, ” sesungguhnya jual beli bisa terkena ucapan yang tak berguna, sumpah serapah dan kata-kata dusta. Campurkanlah sedekah padanya”. Yang kedua, sedekah dapat membersihkan badan dari dosa sebagaimana firman Allah yang artinya : ambillah dari harta mereka sedekah yang dengannya engkau dapat mensucikan dan membersihkan mereka”. Yang ketiga menolak turunnya bala’ dan penyakit. Dalam hal ini Rosulullah saw bersabda ” obatilah orang-orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah!:. Yang keempat sedekah dapat memasukkan kegembiraan pada hati orang-orang miskin. Sabda Rosulullah saw :” paling utamanya amal adalah memasukkan kegembiraan di hati orang-orang mukmin”. Dan yang kelima sedekah menyebabkan keberkahan pada harta yang kita punya dan memperluas rizki, sebagaimana firman Allah yang artinya :” dan apapun yang kalian infaqkan maka Allah pasti menggantinya”.

Sedangkan lima perkara di akherat adalah, yang pertama sedekah akan menjadi tempat berteduh dari dahsyatnya panas di hari kiamat. Yang kedua sedekah dapat meringankan perhitungan amal. Yang ketiga memperberat piring timbangan amal baik. Yang keempat orang yang bersedekah akan melewati shiroth (jembatan di atas Neraka) dengan mudah. Yang kelima menambah tingginya kedudukan di sorga.

Alkisah : Pada masa Nabi Isa as, ada seorang pria yang mendapat panggilan ” al-mal’un (orang yg terlaknat)karena kekikirannya. Pada suatu hari datanglah padanya seorang pria yang berkeinginan ikut berperang membela agama Allah. “Wahai al-mal’un, berikan padaku senjata yang bisa aku pakai sebagai alat bantu dalam peperanganku dan menjadi penyebab engkau selamat dari api neraka” Kata pria tersebut. Namun si “mal’un” berpaling darinya tanpa memberi apapun. Akhirnya pulanglah pria tersebut sementara si “mal’un” mulai merasa menyesal. Maka ia panggil pria tadi dan memberikan pedangnya. Maka pulanglah pria tersebut yang disambut oleh Nabi Isa bersama seorang ahli ibadah yang telah beribadah kepada Allah selama 70 tahun. Berkatalah Nabi Isa:” Dari mana engkau dapatkan pedang ini?”. “Si Mal’un yang memberikannya”, jawabnya. Maka gembiralah Nabi Isa atas sedekah yang diberikan oleh si mal’un. Sedangkan (ketika itu) si mal’un sedang duduk di depan pintu rumahnya. Ketika Nabi Isa dan si ahli ibadah berjalan-jalan melewati (rumah) si mal’uun, bergumamlah si mal’un dalam hati ” aku akan berdiri untuk melihat wajah Nabi Isa dan wajah ahli ibadah yang bersamanya”. Ketika ia berdiri dan melihat wajah Nabi Isa dan ahli ibadah, berkatalah si ahli ibadah,” aku akan lari menjauh dari si mal’un itu sebelum ia membakarku dengan apinya”. Maka Allah wahyukan kepada Nabi Isa,” wahai Isa, sampaikan pada hambaKu yang berdosa bahwa Aku telah mengampuninya karena ia telah mensedekahkan pedangnya, juga karena ia mencintaimu. Dan katakan pada ahli ibadah itu bahwa ia akan menjadi teman karibmu di Sorga”. Berkatalah si ahli ibadah,” demi Allah aku tidak ingin masuk Sorga bersama si mal’un itu dan tidak ingin menjadi teman karibmu di sorga seperti dia”. Maka Allah turunkan wahyu pada Nabi Isa,”katakan pada hambaKu (ahli ibadah) apakah dia tidak rela atas keputusanKu dan meremehkan hambaKu?. Sungguh Aku menjadikanmu (hai ahli ibadah) seorang yang terlaknat dari ahli neraka. Dan Aku tukar tempatmu di Sorga pada orang yang punya tempat di neraka. Dan Aku berikan tempatmu di Sorga kepada hambaKu itu, dan memberikan tempatnya di Neraka kepadamu”.

Jika hanya dengan satu kali sedekah, Allah berkenan memberikan Sorga pada orang yang bergelar”si terlaknat” karena sifat kikirnya, tentu Allah akan berkenan memberikan yang lebih dari itu pada seseorang yang memiliki sifat dermawan karena suka bersedekah. Wallahu @’lam

Redaktur : Farid Tumyadi
Editor : Abdul Aziz

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DAHSYATNYA SEDEKAH"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.