HARI SANTRI NASIONAL 2017 LINTAS PULAU

Tidak ada komentar 356 views
banner 160x600
banner 468x60

Hari Santri Nasional (HSN) 2017 tidak hanya dimeriahkan di pulau saja. Kegiatan yang mengingatkan akan sarat dengan sejarah perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia 1945 juga diperingati secara resmi dan penuh kemeriahan di Ibu Kota Kalimantan Timur, tepatnya di Kota Samarinda. Harsannas (Hari Santri Nasional,Red) menjadi kebanggaan tersendiri bagi para santri yang kebanyakan adalah pendatang dari pulau jawa-madura bisa melaksanakan HSN dengan hikmat walaupun dilaksanakan di pulau perantauan. Para alumni dari beberapa Pondok Pesantren di pulau Jawa-Madura ini melakukan koordinasi dan mengajak bersama-sama untuk memperingati dan mensyiarkan Harsannas kepada masyarakat luas khususnya Kota Samarinda. Walaupun persiapan Harsannas sangat mepet H-5 tapi semangat para santri tidak surut dan melakukan lobi dengan Kementerian Agama Kota Samarinda dan Alhamdulillah Kepala Kemenag Kota Samarinda (Drs. H. Masdar Amin) menyambut baik rembuk para santri dan langsung memanggil seluruh pimpinan pondok pesantren yang ada di Kota Samarinda untuk melakukan koordinasi dan rapat panitia.

Angin segar dalam rangka persiapan memperingati Harsannas ini tidak disia-siakan oleh para santri termasuk wakil ketua panitia yang merupakan santri alumni pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan (Ust. Jui) dan sekaligus koordinator Pawai Taruf Hari Santri Nasional 2017 Kota Samarinda sekaligus sebagai inisiator terlaksnanya Pawai Taaruf. Disampaikan oleh seksi acara Harsannas 2017, yang juga merupakan santri alumni Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan ini (Sayuri) kegiatan ini tidak hanya cukup dikonsumsi oleh kalangan santri khususnya dan masyarakat bawah, akan tetapi harus diketahui oleh para pejabat pemerintah di lingkungan Kota Samarinda karena ini merupakan bagian sejarah yang sangat heroik yang perlu disyiarkan. Oleh karena itu kegiatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana Harsannas saat itu diperingati masing-masing oleh lembaga Pondok Pesantren dan kali ini Harsannas 2017 diperingati secara bersama-sama dengan penannggung jawab kegiatan oleh Kementerian Agama Kota Samarinda. Ka. Kemenag Kota Samarinda menyampaikan kepada kami agar kegiatan tahun depan harus disiapkan jauh-jauh hari agar bias terlaksana dengan lebih baik dan besar.”

Peringatan Harsannas 2017 Kota Samarinda ini dihadiri kurang lebih 2.500. Tampak dibagian tamu undangan VVIP disana Wakil Wali Kota Samarinda sekaligus yang menjadi Irup Upacara Harsannas. Panitia juga mengundang Para Ulama, Pemimpin Pesantren se-Samarinda, Ka. Kanwil Kalimantan Timur, MUI Prov. Kalimantan Timur, MUI Kota Samarinda, pejabat SKPD di lingkungan Kota Samarinda, Lembaga NU dan Muhammadiyah, Para Santri dan Pelajar di Kota Samarinda dan masyarakat umum. Kemeriahan Harsannas 2017 ini diawali dengan Upacara Harsannas yang perangkatnya diisi oleh para santri ponpes di Kota Samarinda (Ponpes Nabil Husein, Ponpes Syaichona Cholil, dan Ponpes Annur) serta menggunakan pakaian ala santri pada umumnya (bersarung). Kegiatan ini diakhiri dengan Pawai Taaruf yang diikuti lebih 100 iring-iringan mobil dan kurang lebih 100 sepeda motor. Pawai Taaruf Harsannas ini dilepas langsung oleh Wakil Wali Kota Samarinda dan Kepala Kementerian Agama Kota Samarinda.

Reporter : Sayuri
Redaktut : Ach. Hafsin

author
Zaen: Sebagai admin asschoLmedia.net kami selalu berupaya memberikan yang terbaik berupa informasi-informasi faktual dan terpercaya serta kajian keislaman yang otentik